SUARAPANRITA | Sinjai – Radio Komunitas 107,7 SIAMASEI FM  telah didirikan di Kabupaten Sinjai, studio radio tersebut beralamat jalan Basuki Rahmat BTN Tamara Blok A  Nomor 12. Kelurahan Biringngere, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu, (08/03/2018).

Radio tersebut bisa diakses melalui Frekuensi 107,7 SIAMASEI FM dan telah On Air pada tanggal 06 Februari 2018.
Selain memberikan informasi kejadian secara umum di kabupaten sinjai Radio Komunitas 107,7  SIAMASEI FM juga akan memberikan informasi terupdate mengenai masyarakat adat di Kabupaten Sinjai secara khusus dan masyarakat adat nusantara secara umum.
Menurut kepala Bidang Infokom Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sinjai kenapa didirikan radio komunitas tersebut, sebab Radio merupakan Alat Komunikasi dan  penyebar informasi yang masih efektif hingga saat ini, meskipun dalam perkembangan internet yang begitu pesat, tetap saja radio masih mempunyai tempat di masyarakat, ditambah sistem radio saat ini juga telah memiliki sistem koneksi yang bisa didengar langsung melalui internet. 

“Radio komunitas itu penting bagi gerakan masyarakat adat , sebab radio merupakan alat komunikasi dan  penyebar informasi yang masih efektif hingga saat ini, meskipun dalam perkembangan internet yang begitu pesat, tetap saja radio masih mempunyai tempat di masyarakat, ditambah sistem radio saat ini juga telah memiliki sistem koneksi yang bisa didengar langsung melalui internet, jadi ini adalah alat yang kami anggap masih penting bagi masyarakat adat dan publik, soal radio ini kami akan kordinasikan dengan dinas  terkait dan akan resmi kami dirikan” Ungkap Andis.

Samahalnya dengan Abd. Rifai Sumaila Bidang Infokom Pengurus Besar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PB AMAN) mengungkpakan pentingnya pendirian radio komunitas tersebut

“Untuk mengangkat informasi khususnya perjuangan masyarakat adat di Kabupaten Sinjai apalagi di Aman Sinjai ini sedang mendampingi perda tentang pengakuan perlidungan hak-hak masyarakat adat” Beber Abd. Rifai Sumaila.

Lanjut Rifai sapaan singkatnya “Selain sinjai sudah ada beberapa wilayah yang di pasangi radio komunitas, di sumatra utara kampung secanggang, pulau enggano bengkulu, tano batak, kalimantan di komunitas kiu, meratus, sulawesi selatan di toraja dan sinjai, sulawesi tengah pulau togean,nusa tenggara timur di kota ende, papua di sorong, ambon di pulau haruku” Jelasnya.

Redaksi

Advertisements